Subscribe Us




Cara Menagih Hutang Pada Teman yang Tidak Mau Membayar

menagih hutang pada teman

Cara Menagih Hutang Pada Teman yang Tidak Mau Membayar

Apakah kamu pernah meminjamkan uang pada teman tapi pas ditagih susahnya minta ampun. Terkadang ada orang yang saat meminjam uang bicaranya manis sekali sampai kamu kasihan melihatnya, namun saat ditagih mereka malah lebih galak dari kamu.
Jika kamu sedang kebingungan bagaimana cara menagih uang kamu, berikut adalah tips paling ampuh untuk menagih hutang pada teman yang tidak mau membayar.


1. Tagih langsung dan jelaskan bahwa kamu punya kebutuhan mendesak

Contohnya gini:
  • “Gue butuh banget uang nih, Laptop gue rusak dan harus diservice, gue nggak bisa ngerjain kerjaan kantor gue gara-gara ini. Lo janji bayar hutang minggu ini kan? gue tunggu Jumat uangnya ya.”

2. Minta dia menggadaikan barangnya atau melunasi hutang dengan barter barang

Nah kalau setiap kamu menagih hutang dia selalu ngeles. Belum ada uanglah, lagi bokelah padahal udah bertahun-tahun hutang tidak dibayar. kamu wajib coba cara ini, tanyain ke dia:
  • Lo ada barang-barang yang bisa digadai nggak?
  • Atau, barter HP lo aja sini buat lunasin hutang.

3. Manfaatkan momen gajian

Kalau temen kamu kerja kantoran apalagi satu kantor dengan kamu, manfaatkan momen gajian. Tagih hutangnya saat jam makan siang. Dengan cara ini dia jadi bisa memprioritaskan alokasi pendapatannya untuk membayar hutang lebih dulu.

4. Mengikhlaskan

Apabila kamu sudah melakukan semua cara diatas tapi teman kamu masih tidak mau membayar, apalagi kalau dia sampai kabur hingga blokir WA kamu, sebaiknya kamu iklaskan saja. Mungkin berat untuk mengiklaskan tapi itu lebih baik daripada kamu jadi kesal sendiri dan menambah beban pikiran.
Kalau sudah kejadian kaya gini jadikan saja sebagai pelajaran agar lebih berhati-hati saat pinjam uang dikemudian hari.

5. Kritis saat meminjamkan uang

Memang niat kamu baik: ingin menolong teman yang kesusahan, tapi pastikan saat ingin meminjamkan uang tanya dulu dua hal ini:
  • Uangnya akan digunakan untuk apa? Nggak maukan lo minjemin uang tau-taunya cuma dipakai buat belanja atau jalan-jalan
  • Kemampuan dia membayar, apakah dia punya pemasukan dan akan bisa bayar hutannya?
Nah, kalau kamu tahu sebenarnya dia pun tidak akan mampu membayar, sebaiknya kamu kasih saja uang semampu kamu. Misalnya nih, teman kamu pinjam 1 juta, bilang saja kalau kamu cuma punya 100 ribu dan berikan uang tersebut sebagai bantuan bukan hutang, hitung2 sebagai amal. Cara ini tidak akan bikin kamu sakit hati nantinya.
Tapi kalau kondisi keuangan kamu juga sedang sekarat bilang saja memang tidak ada uang. Penting untuk kamu berani berkata tidak!

Post a Comment

0 Comments